Pusaka Nasional Nusantara ( Part 1)

Alkisah Sebuah Negara Dengan Julukan Jamrud Khatulistiwa ( Emerald of The Horizon) . Kekayaan Alam Yang Melimpah, Emas, Minyak,Gas Bumi, Batubara, Timah, Bauksit, Nikel, Tembaga, Dan Batu2 Mulia ( Gemstone). Hutan Dengan Kayu2 Berkualitas, Jati, Cendana, Gaharu, Meranti dll. Tanah Subur Dengan Air Yang Melimpah, Batang Kayu Di Tancapkan Pun Tumbuh Jadi Tananam, Biji Bijian Terbawa Burung Dan Jatuh Ke Tanah, Bisa Menjadi Pohon Tinggi Menjulang. 
Tapi Kenapa Bangsa Ini Belum Sanggup Memakmurkan Rakyat nya? Pemerataan Ekonomi Pun Belum Terwujud. Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Masih Terjadi Dimana Mana  Keserakahan Menjadi Penyebab Ketidakadilan, Kejujuran Adalah Perilaku Yang Langka Diantara Pejabat Negeri Ini. Elite2 Politik Dan Parpol Hanya Mementingkan Diri Sendiri Serta Golongan nya. Bahkan Symbol2 Agama Digunakan Untuk Meraih Kekuasaan Dan Mendapatkan Keuntungan Pribadi Serta Kelompok Mereka. 
Bangsa Ini TERCERABUT dari Akar Budaya nya Sendiri. Sayup Sayup Teringat Tradisi Musyawarah Mufakat Dan Gotong Royong Yang Kini Semakin Menghilang Seiring Jaman Dimana Materi Adalah Ukuran Untuk Semua Hal. 
Pendidikan Nasional Juga Hanya Berorientasi Pada Hasil, Bukan Menghargai Sebuah Proses Kerja Keras Yang Berlandaskan Kejujuran. Apresiasi Diberikan Pada Prestasi Dengan Nilai2 Angka / Akademik, Bukan Pada Proses Pengembangan Bakat Serta Minat Yang Ber kesadaran Dan Ber Kepribadian Sesuai Nilai2 Dasar Negara . 
Bangsa Ini Kesulitan Melakukan Identifikasi Dirinya, Dan Ini Menyebabkan Gagalnya Proses Nation State Building Yang Sebenarnya Telah Di Lakukan Pada Era Orde Sukarno Dan Orde Soeharto. 
Orde Baru Gagal Membangun Identitas Nasional ( Rasa Memiliki Bangsa Ini Dari Berbagai  suku dan Agama Yang Ada) Karena ORBA Juga Melakukan Tindakan2 Korup Serta Represif . Penguasaan Sumber2 Daya Alam Oleh Segelintir Kroni2 Konglomerat Soeharto Menyebabkan Kehancuran Pemerintahan Itu Sendiri. Ekonomi Di Bangun Dengan Subsidi2 Atas Dasar Hutang Dan Kolusi Suap Menyuap, Pemerataan Pembangunan Sebagian Besar Juga Hanya Terjadi Di Jawa , Menyebabkan Pondasi Ekonomi ORBA Rapuh. 
Pada Orde Pemerintahan Siapapun, Tanpa Supremasi Hukum Yang Kuat dan Jujur, Niscaya Keadilan Sosial Akan  Sulit Untuk Di Wujudkan. 
Bagaimanan Upaya Pembangunan Bangsa Ini Secara Metafisika? 
Next Pada Part 2

Comments

Popular posts from this blog

Dharmo Seto ( spontaneous kundalini awakening and safe results )

Salam Rahayu

Mbaurekso ( Guardian of The Soil )