Klenik

Apa itu Klenik? 
Menurut wikipedia bahasa Indonesia ~ Klenik adalah sesuatu yg Tersembunyi atau hal yg dirahasiakan untuk umum. Klenik identik dengan hal hal mistis , Supranatural Serta Metafisika ( Konotasinya Negatif Karena Kita yg Mengartikannya Begitu)  Padahal..... jauh Dari Itu. 
Saat Menjelang Pilkada, pak Budi Suka Nyekar ke Makam Pangeran Rajeg Wesi.  HAL ini akan di kaitkan dengan Kegiatan Klenik.... Padahal bukankan tradisi Nyekar adalah hal yg Biasa?  HANYA saja Masyarakat Suka Memberikan Stigmatisasi pada Hal Hal yg Mereka Sendiri Tidak Mengerti / Mengetahui. 
Pak Herman Juga Suka Meditasi Sambil Bakar Dupa,  Komat Kamit Dia Baca Mantra.  PAK Herman Dianggap Melakukan Per Klenikan.  PADAHAL dia Bakar Dupa agar Bau Ruangan Harum,  Sehingga Bisa Meditasi Dengan Baik, dan Dia Membaca Doa Serta Puji Pujian Kepada Nya .
Dimanakah Letak Jiwa?bagaimana Rupanya? DIMANAKAH letak Nurani?   Bagaimanakan Bentuk Cinta? 
Jangan Jangan Kita Juga Telah Ber Klenik Ria?  Kita Juga Makhluk Klenik? 
Bagaimana Dengan Tuhan? 
Dimana Dia Tinggal? 
Apakah Berarti Ilmu ilmu Modern yg Mempelajari Manusia dan Agama bisa dianggap Bebas Klenik 100% ?
Pengajaran Ilmu Kebatinan Dalam Budaya Jawa yg di Wariskan Secara Turun Temurun Juga Sering Di cap Sebagai Ilmu Klenik.
Lalu Apa Beda Klenik dengan Sakral? 
Sakral artinya Suci / Keramat dan bisa Juga Bermakna Pengetahuan maupun Praktik Praktik Ritual budaya serta agama Yg Diajarkan Secara Terbatas dalam Kelompok atau Komunitas Tertentu Saja. Sakral Identik Ke arah Budaya serta Agama,  dan Konotasinya Positif.
Pertanyaannya adalah Bukankah Budaya adalah Hasil Karya Manusia,  Sedangkan Manusia adalah Makhluk Klenik ( memiliki unsur Mistis nya..... KARENA spiritualism Juga Blm Mampu Di Jabarkan Dengan Riil.... KESADARAN,  Jiwa,  Ruh,  Tuhan)  

Bahasa yg Saat Ini Sering Di pakai adalah esoteris esoterik yaitu Suatu Hal yg Diajarkan Oleh Sekelompok Orang Tertentu atau Khusus  dan Hanya Dapat Di Fahami Dalam Kelompok Tsb.  BIASANYA terkait Filsafat maupun Keilmuan Tentang Ruh,  Metafisik dan Supranatural. 

NAH bukankah Itu Bisa Di Sebut KLENIK?Dalam Dunia Olah Energy,  Kita Sering Allergy Di Sebut Klenik,  Sering Memberikan Cap Klenik Kepada Orang Lain,  Namun biasa Mengatakan Memberikan Pengajaran ESOTERIS ESOTERIK. 

Dimanakah Bedanya?  

Klenik Dari Bahasa Jawa,  Perilaku Keilmuan Jawa,,,,,,Esoteris Esoterik Dari Bahasa Yunani 

Kalo Aku Mengatakannya SAMA Saja..... INI HANYA Beda Istilah namun Sama Praktik nya

Jadi marilah Gunakan Bahasa Yg Lebih Membumi Nusantara,  Yaitu Klenik 

Apakah Setiap Usaha Untuk Memahami Nya Yg Ghaib Serta Mistis Di Sebut Ritual Klenik?  Ataukah Di anggap Ritual yg Sakral?  Ataukah Ritual Esoteris Esoterik? 
Marilah Membuka Pikiran dan Hati,  untuk Dapat Memaknai Hidup ini dengan Baik Serta Bijak
Salam Klenik

Comments

Popular posts from this blog

Dharmo Seto ( spontaneous kundalini awakening and safe results )

Salam Rahayu

Mbaurekso ( Guardian of The Soil )