Kejawen Bab 1

 Kejawen adalah Way Of Life ( CARA PANDANG , PEMIKIRAN dan PERILAKU ) Orang2 dari Suku Jawa Dalam Kehidupan nya . Kejawen mulai Dianut Jauh Sebelum Agama2 dari Luar Masuk ke Nusantara, Terutama Tanah Jawa . 

Ritual Kejawen Memiki Ciri  ANIMISME dan DINAMISME , Yang Bermakna mempercayai Roh2 Leluhur Dan Juga Kekuatan Kekuatan Supranatural yang ada pada Benda maupun Alam . PENYELARASAN DIRI dengan kekuatan2 alam sekitar , pun alam Raya adalah Salah satu JALAN untuk Memahami Diri sejatiNya . 

Kejawen memiliki 4 PILAR UTAMA yaitu : 1. NGUNDUH WOHING PAKARTI ( bahwasannya apa yang terjadi dalam hidup kita adalah hasil dari perbuatan, perkataan dan pikiran kita sendiri ) 2. MEMAYU HAYUNING BAWANA ( bahwa seyogyanya kita hidup membawa berkah kebaikan kepada diri pribadi , keluarga , sesama serta makhluk lain dan alam raya ) 3. SANGKAN PARANAING DUMADI ( manusia jawa memahami arti hadirnya di dunia dan akan kembali kemana pada akhirnya nanti ) 4. MANUNGGALING KAWULO GUSTI ( Menyatunya manusia jawa dalam bentuk energy murniNya , Kesadaran dan Daya Nya , Kepada SANG HYANG PURWO ) kembali kepada PRIME GOD ( Gusti Tan keno Kinoyo Ngopo ) . 

DARI 4 Pilar itu , tidak ada satupun Yang Bersifat Diluar Diri Sendiri . MANUSIA JAWA tidak Pernah Memaksakan , Mengajak Orang Lain Untuk Menganut Nilai2 Kejawen  Pun  Menyalahkan  Orang Lain atas apa yang Terjadi dalam Hidupnya .Wong Jowo hanya FOKUS Memperbaiki Diri nya Dengan SAMADHI , MULAT SARIRA HANGRASA WANI ( Introspeksi diri) dan Banyak Menanam Pohon Kebaikan agar Bisa NGUNDUH ( MANEN ) Buah Kebaikan Juga . 

SAAT agama luar masuk ke TANAH JAWA , ada sebagian Yang akhirnya menimggalkam KEJAWEN . namun ada pula yang Tetap menganut Kejawen Sekaligus Agama Luar yang datang , bahkan Nilai2 agama itu mengalami Sinkretisme dengan Kejawen Sehingga melahirkan Hindu Kejawen , Budha Kejawen , Kristen Kejwen , Islam Kejawen dll . SEKETIKA Itu Pula Nilai2 Pilar Kejawen Mewarnai Agama2 Tersebut . 

Kalo Dulu Penganut , Pelaku , Pengamal , Pemeluk KEJAWEN harus memilih salah satu AGAMA yang diakui Pemerintah dalam KTP nya , maka SAAT Ini Kejawen Sdh diakui Untuk Bisa di Cantumkan pada DATA KEPENDUDUKAN  Republik Ini . Merupakan suatau Langkah Yang Benar Dengan MENGAKUI Pandangan Hidup Asli Nusantara ( tanah Jawa Terutama ) . Apresiasi Tentunya Perlu Di Berikan Kepada pemerintah saat ini . 

Dalam PERKEMBANGAN NYA , Kejawen banyak memiliki Kelompok2 Pemakna Dari Pilar2 Tersebut . Dan Jumlahnya Cukup banyak . Kelompok2 ini Memiliki Bentuk YAYASAN , PAGUYUBAN , PERGURUAN dan Lain sebagainya . DAN BERKEMBANG  PESAT di JAWA TIMUR , JAWA TENGAH serta YOGYAKARTA . 

KEJAWEN memang Bernafaskan MISTISM dan ESOTERIS . Itu adalah UDARA bagi Penganut Nya . Karena Spiritualis dan Metafisika adalah Dua sisi dalam satu Uang Logam KEJAWEN . Dan KEDUANYA membentuk KESADARAN MANUSIA JAWA ( Menungso Jowo ) . 

Wong JOWO kuwi Yo Kudu NJOWO ( BERKESADARAN ) lan NJAWANI ( Menjalankan Nilai2 Kejawen Berdasarkan 4 Pilar Nya ) . 

MATUR NUWUN , RAHAYU RAHAYU RAHAYU 

ADRB 10/10/23



Comments

Popular posts from this blog

Dharmo Seto ( spontaneous kundalini awakening and safe results )

Salam Rahayu

Mbaurekso ( Guardian of The Soil )