Dukun

Pada Peradaban Kuno Di Seluruh Dunia ,  Ada Orang2 Atau Kelompok Orang Yang Memiliki Peranan Penting Dalam Masyarakat Pada Saat Itu.
Mereka Di Percaya Memiliki Kekuatan Supranatural Tertentu Yang Menguasai Symbol2 Alam Maupun Kekuatan Mata Ketiga ,  Mata Batin Dan Komunikasi Dengan Dimensi Lain .
Pendeta Pendeta Druids ,  Paganisme ,  Shaman Pada Masyarakat Indian Kuno Dan Lain Lain .
Sementara Di Indonesia Kita Mengenal Istilah Dukun .
Istilah Dukun atau Wong Pinter Berkembang Sejak Lama Di Budaya Jawa. Mungkin Lebih dari Satu Abad Lalu .Dukun Berasal Dari Kata Dungonipun Tumurun ( Doa nya Turun / Terkabul ) Bisa Juga Dari Kata Dumateng Kasuhun ( Kepada Yang Di Mintakan Pertolongan ).
Definisi Dukun Adalah " Seseorang Yang Dianggap Mampu Membantu Persoalan Atau Kesulitan Yang Di Hadapi Orang Maupun Menyembuhkan Penyakit , Karena Di Percaya Memiliki Keahlian Khusus Maupun Kekuatan Metafisika Tertentu yang Tidak Semua Orang Memiliki nya "
Dukun Dalam Masyarakat Jawa ,  Maupun Balian Dalam Masyarakat Bali Mengacu Pada Spesialisasi Kemampuan / Skill .
Dukun Bayi : Berarti Orang Yang Bisa Membantu Masalah Pada Bayi / Balita dan Ibu Hamil ,  Dari Proses Melahirkan Sampai Sakit Non Medis / Rewel Pada Anak Anak.
Dukun Pawang Hujan : Orang Yang Mampu Menahan Turunnya Hujan Dalam Jangka Waktu Tertentu
Dukun Suwuk : Orang Yang Dipercaya Mampu Mengobati Segala Penyakit Baik Untuk Anak2 Maupun Orang Dewasa
Dukun Tiban : Orang Yang Memiliki Kemampuan Metafisika Secara Tiba Tiba Tanpa Belajar ( Karena Faktor Keturunan )
Dukun Sangkal Putung : Orang Yang Mampu Mengobati Masalah Patah Tulang Dengan Teknik Pijat Maupun Minyak Tertentu ,  Bahkan Bisa Menyambung Tulang Tanpa Pembedahan
Dukun Pijat : Orang Yang Memiliki Keahlian Pijat Dan Tenaga Dalam
Dukun Pelet : Orang Yang Memiliki Kekuatan Penunduk Jiwa ,  Mampu Membuat Orang Jatuh Cinta dengan Kekuatan Supranatural
Dukun Pesugihan : Orang Yang Memiliki Kemampuan Komunikasi Dengan Alam Lain Untuk Memberikan Kekayaan Materiil
Dukun Santet : Orang Yang Memiliki Kekuatan Untuk Menyakiti Orang Lain Secara Ghaib / Niskala
Dukun Nujum / Ramal : Orang Yang Memiliki Kewaskitaan Untuk Melihat Masa Depan
Dan Masih Banyak Lagi Dukun Dengan Keahlian Masing Masing .
Dukun VS Paranormal
Saat Era 90 an ,  Istilah Dukun Mulai Mengalami Peyorasi ( Penurunan Makna ) . Dukun Dianggap Sebagai Profesi Yang Sesat / Pelaku Dark Art Dan Cabul .
Hal Ini Dikarenakan Penggambaran Yang " Salah " Pada Film Film Yang Beredar Saat Itu . Bahwa Dukun Di Gambarkan Jahat ,  Memakai Baju Hitam Hitam Dan Suka Menyakiti Orang  Melalui Santet .
Selain Itu Muncul Dukun Dukun Palsu Dalam Masyarakat Yang Ternyata Cabul dan meresahkan Masyarakat . Kemudian Muncul Kasus Dukun AS yang Merupakan Pembunuh Berantai Yang Membuat Profesi Dukun Tercoreng .
Setelah Era Dukun Mulai Turun Pamor ,  Muncullah Era Paranormal / Cenayang Pada Tahun 98 Ke Atas . Paranormal Menawarkan Berbagai Solusi Untuk Persoalan Hidup Manusia Dan Bahkan Mereka Mulai Aktif Meng Iklankan Diri Pada Media Media Massa Yang Mulai Menjamur Di Era Reformasi .
Profesi Paranormal Terlihat Lebih Modern ,  Dengan Citra Yang Lbh Elegan ,  Jauh Dari Kesan Angker / Mistis .
Akan Tetapi Profesi Paranormal Seolah Menyiratkan Kemampuan Yang All In One Service Pada Klien / Pasien ,  Karena Tidak Adanya Spesialisasi  Seperti Pada Profesi Dukun.
Ini Juga Menyiratkan Kurangnya Transparansi Keahlian / Kemampuan Pada Klien / Pasien .
Kiranya Kita Menyadari Apa Yang Kita Bisa Dan Apa Yang Di Luar Jangkauan Kita ,  Sehingga Kepastian Dan Harapan Pasien / Klien Dapat Kita Penuhi Dengan Baik .
Di Era Media Sosial Ini Pun ,  Profesi Paranormal Pun Akan Ter Sorot .Beberapa Kasus Paranormal Palsu Atau Penipuan Pun Dapat Kita Baca Di Media Media Online .
Kiranya Baik Dukun Maupun Paranormal Dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Serta Menjaga KODE ETIK Sehingga Masyarakat Dapat Menghargai Dan Menaruh Kepercayaan Yang Baik Pada  Profesi Yang Telah Ada Ribuan Tahun Lalu Ini .
Selanjutnya :
Dukun Dan POLITIK ( Kekuasaan )

Comments

  1. For those that want to up the stakes, step into our High Limit Salon. With over 3,000 state-of-the-art slot machines, together with jackpot progressives, multi-line, multi-coin and interactive bonus display screen video games, there are nearly infinite methods to seek out|to search out} your next #WinningMoment. 88 Fortunes® is the perfect slot experience for gamers to test their luck. Featuring 10 Free Games that can be be} endlessly re-triggered, 88 Fortunes features the “All Up” 다 파벳 우회 주소 recreation style, which provides gamers the chance to purchase gold symbols to increase their profitable alternatives. Lock in a win playing in} Lock It Up – Dragon Fire™ and Legend of Nian™. This thrilling collection highlights a free video games characteristic that's triggered by six or extra gold symbols.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dharmo Seto ( spontaneous kundalini awakening and safe results )

Salam Rahayu

Mbaurekso ( Guardian of The Soil )