Keris ( Part I )

Keris adalah salah satu Tosan aji Warisan Leluhur Kita. Catatan Arkeologi Menyebutkan Bahwa Keris Pertama Kali Di Buat Pada Masa Dinasti Sanjaya Dan Dinasti Syailendra (+/- Abad 7 Masehi)  / Mataram Kuno.
Keris Saat Itu Disebut Keris Budo atau Dapur Brojol Budo,  Sepang Budo,  Bethok Budo Dan Jalak Budo. INI adalah Dapur Keris Paling Tua Dalam Sejarah Dunia Per Kerisan.
Yang Lebih Membanggakan Bahwa Keris Akhirnya Di akui Oleh Unesco Sebagai Mahakarya Warisan Dunia ( th 2005) non Kebendaan ( Dalam Arti Keris Bukan Hanya Sbg Benda Namun Menyangkut Estetika,  Etika,  Teknik Pembuatan,  Dan Peran nya Sebagai Bagian Dari Budaya Nusantara) 
Keris adalah Bagian Tak Terpisahkan Dari Sejarah Dan Budaya Bangsa Ini.  KERIS adalah Bagian Jati Diri Seseorang Pada Masa nya,  Karena Cukup Dengan Melihat Keris Seseorang Maka Status Maupun Posisi Seseorang Dalam Masyarakat Akan dapat Di Ketahui.
KERIS memiliki 2 Nilai ( Value)  Yaitu :
1. Ekstrinsik ~ Di Lihat Secara Fisik,  Bahan Baku,  Bahan Bilah nya,  Warangka Dan Jejeran nya ( Gagang)  maupun Ada Tidaknya Kinatah Emasnya Dan Meteorite Sbg Pamor nya ( Nilai Ekstrinsik Bisa Di Setarakan Nilai Materiil / Uang) 
2. INTRINSIK ~ sejarah Keris Tersebut ( Siapa Yang Pernah Memegang)  , Siapakah MPU yang Membuat,  Adanya Bukti Sejarah Keris Tersebut,  Sawab Yang Di Percayai ( Berkah / Energy / Manfaat)  ~ Nilai Intrinsik Tak Ternilai Harganya Namun Biasanya dapat Meningkatkan Nilai Ekstrinsik Sebuah Keris Ber Kali Lipat
Next : Sawab Keris dan Sources Energy Metafisika Keris
ADRB Forum
Yayasan Atman Shakti Bali


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dharmo Seto ( spontaneous kundalini awakening and safe results )

Salam Rahayu

Mbaurekso ( Guardian of The Soil )